22 Mar 2015

kepulangan.



Dalam kehidupan ini selalu punya tujuan. berapa ramai di antara kita memahami tujuan asasnya dan berusaha untuk mengaitkan tujuan itu dengan Tuhan. bahkan penciptaan matahari, bulan, bintang yang menakjubkan bukan sekadar menghiasi planet yang kesepian. tujuannya adalah lebih dalam dari itu. 

"sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingati Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata); Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari seksa neraka." (Ali-Imran: 190-191)

semua ini hanya bisa dipahami oleh sekolompok manusia. mereka memikirkan, memahami dan mengingat Tuhan dalam segala kondisi manusia (berdiri, duduk dan berbaring). ada pesan yang ingin Tuhan sampaikan dalam segala ciptaannya. seperti halnya diri kita sendiri. apakah kita diciptakan tanpa tujuan? tidak.

kita selalu ingin Tuhan 'berbicara' dengan kita. padahal, tanda-tanda itu ada di sekitar kita. Tuhan selalu berbicara dengan kita kadang tanpa kita sedar. pertanyaannya di sini adakah kita menyadarinya? tidak ada sesuatu yang terjadi tanpa alasan. temukanlah alasannya. carilah tujuan yang telah Allah ciptakan dalam hal-hal yang telah diberikanNya kepada kita. usah berputus asa. usah biar diri kita tenggelam. Tuhanlah yang mampu menyelamatkan hambaNya dari badai ketika tak ada orang lain di sekitar.

Lil Wahid al Qahhar. kepada Yang Maha Esa dan Maha Menundukkan. untuk berpaling kepada sesuatu yang lain sama artinya dengan melawan yang tak bisa ditundukkan. untuk mencari selain Yang Maha Esa (Wahid), sama artinya dengan berserakan, takkan pernah terpenuhi. bagaimana kita bisa menemukan kesatuan , penyempurnaan hati atau jiwa atau pikiran pada apa pun selain-Nya?

jadi, di jalan menuju tempat kita memulai ini, kepada siapa lagi kita bisa berpaling? kepada siapa lagi kita bisa meminta? lagi pula, kita semua menginginkan hal yang sama; untuk menjadi utuh, menjadi bahagia, untuk sekali lagi mengatakan;
        kita pulang.

subhanAllah. menyerah air mata pada tiap barisnya. :')
Allah, pimpin aku untuk selalu kembali pulang padamu.

___

ini tertulis, saat membaca buku "Reclaim Your Heart"--Yasmin Mogahed. terima kasih untuk cinta ini. moga Allah meredhaimu.

No comments:

Post a Comment